DEM Holiday " Joy Trip With Us "
Kontak : Iwa Kartiwa ( 08232.0330.121 - 0878.2405.3704 )

Air Panas Walini Ciwidey Bandung

Lokasi Air Panas Walini Ciwidey Bandung sudah kami melihatnya ketika dalam perjalanan menuju ke kawasan wisata Situ Patengan, namun kami memutuskan untuk mengunjunginya belakangan. Jika dari arah Situ Patengan, maka lokasi Air Panas Walini berada di kiri jalan. Pintu gerbang dan pembayaran tiketnya tidak begitu jauh dari tepi jalan.

Ketika membayar tiket masuk seharga Rp.12,000 per orang, kami mendapatkan souvenir Teh Walini. Papan nama Air Panas Walini Ciwidey terlihat di dekat pintu masuk. Ada juga Air Panas Cimanggu tidak jauh dari sini, namun kami tak mengunjunginya. Area parkirnya luas, dengan latar Perkebunan Teh Ranca Bali yang memberi suasana asri dan hawa sejuk.

Hawa yang sejuk segar menjadi daya tarik utama bagi kawasan wisata Ciwidey, meskipun tidak sesejuk beberapa puluh tahun lalu. Pertumbuhan manusia yang sangat cepat, maraknya permukiman, termasuk di perbukitan, serta pemakaian bahan bakar fosil yang sangat besar membuat suhu udara Bandung dan sekitarnya menjadi semakin panas.

Jalan masuk ke area pemandian Air Panas Walini Ciwidey. Papan luncur terlihat pada kolam renang air panas di sebelah kanan. Masuk ke dalam area terlihat kolam air panas untuk dewasa dan disebelahnya kolam air panas untuk anak-anak. Sekelompok pengunjung saat itu tengah menyelenggarakan acara bersama di kolam dewasa air panasnya.

Jika menggunakan mobil pribadi, untuk berkunjung ke Air Panas Walini Ciwidey Bandung ini pengunjung dari Jakarta lewat tol Cipularang, keluar pintu tol Kopo, melewati Jl. Terusan Kopo – Soreang, lalu belok ke kanan ke Jl. Raya Soreang, lanjut ke Jl. Raya Soreang – Ciwidey dan terus mengikuti jalan yang mulus dan berkelok naik sampai ke lokasi.

Air Panas Walini Ciwidey Bandung terlihat memiliki kolam renang yang sangat jernih. Ketika saya secara sengaja mencoba mencelupkan tangan ke dalam air kolam, panas airnya yang sangat terasa nyaman membuat saya merasa sangat senang dan ingin rasanya mencebur ke dalamnya. Hanya saja kami tidak ada rencana untuk berendam saat itu.

Gubuk beratap rumbia terlihat di area Air Panas Walini Ciwidey yang digunakan sebagai tempat beristirahat, menyantap bekal makanan, serta sebagai tempat berteduh. Meskipun penataan dan kebersihan lingkungannya tidak begitu mengesankan, namun kejernihan dan derasnya aliran air panasnya, serta kehangatan airnya membuat saya jatuh hati.

Air Panas Walini Ciwidey pada ruang rendam tertutup. Yang membuat saya benar-benar gembira adalah airnya yang mengalir deras dari selang, begitu jernih, tidak tercium bau belerang, dan begitu terasa panasnya. Hanya saja jelas terlihat bahwa kamar mandinya sudah memerlukan perawatan.

Air Panas Walini Ciwidey menawarkan pula banyak permainan lain di dalam areanya, seperti flying fox X-TREME (300 m, Rp.40.000), flying fox mini (Rp.10.000), ATV Tea Tour (2 km, Rp.75.000), Go Cart (Rp. 15.000 3 lap), ATV 90 cc (Rp.25.000 5 lap), motocross (50cc Rp.15.000 3 lap), trampoline (Rp.15.000) dan sepeda (Rp. 5.000 per 15 menit).

Jika naik Angkutan Umum dari Jakarta bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan, atau Cawang (yang langsung masuk tol), dari Terminal Pulo Gadung (diantaranya bus Patriot), Terminal Lebak Bulus, Terminal Kalideres, Tangerang, atau dari Terminal Baranangsiang Bogor menuju ke Terminal Leuwipanjang Bandung (ongkos sekitar Rp.50.000).

Bisa juga naik travel Jakarta – Bandung ke area terdekat Terminal Leuwipanjang. Dari Terminal Bus Leuwipanjang, naik ELF atau Bus Putra Setia Bandung — Ciwidey, turun Ciwidey dengan ongkos Rp.6.000. Dari Ciwidey naik angkot Ciwidey – Situ Patengan dengan ongkos Rp.6.000, turun di jalan masuk ke Air Panas Walini di kanan jalan.

WWW.DEMHOLIDAY.COM

About the Author

Leave a Reply

*

Scroll Up